Diagram alur grafik yang menggambarkan urutan, ketergantungan, dan juga waktu penyelesaian suatu aktivitas dengan waktu start dan finishnya, serta jalur yang terpanjang di dalam suatu network – disebut critical path.
Terminologi Jaringan Proyek
Aktivitas (Activity)
–Elemen yang memerlukan waktu
Aktivitas
Gabungan
(Merge
Activity)
–Aktivitas yang memiliki lebih dari satu aktivitas yang mendahuluinya
Aktivitas
Parallel
(Parallel
Activity)
–Aktivitas-aktivitas yang dapat
terjadi pada waktu bersamaan, jika diinginkan
Aktivitas
Ledakan
(Burst
activity)
–Aktivitas yang memiliki beberapa aktivitas yang perlu
dilakukan sesudah aktivitas ini selesai
Jalur
(Path)
–Urutan dari aktivitas-aktivitas yang tergantung satu sama lain
Jalur
Kritis
(Critical
Path)
–Jalur dengan waktu/durasi terpanjang yang melalui jaringan
–Jika aktivitas pada jalur tertunda, proyek akan tertunda dengan jumlah waktu yang sama
Kejadian
(Event)
–Satu titik waktu yang mana
suatu
aktivitas dimulai dan diakhiri (tidak membutuhkan waktu).
Pendekatan Jaringan Proyek- Activity on Node (AON)
Kelebihan :
a.Tidak
menggunakan aktivitas dummy.
b.Tidak
menggunakan peristiwa.
c. AON
mudah digambar jika ketergantungan tidak cukup kuat.
d. Aktivitas
yang ditekankan mudah dipahami oleh manajer tingkat pertama.
e. Pendekatan
CPM menggunakan waktu deterministik untuk menyusun jaringan.
Kelemahan :
a. Pelacakan
jalur dengan menggunakan nomor aktivitas sulit dilakukan.
Jika jaringan tidak ada, output komputer harus mendaftarkan aktivitas pendahulu
dan aktivitas pengganti untuk asing-masing aktivitas.
Jika jaringan tidak ada, output komputer harus mendaftarkan aktivitas pendahulu
dan aktivitas pengganti untuk asing-masing aktivitas.
b. Menggambar
dan memahami jaringan lebih sulit jika ada banyak ketergantungan.
- Activity on Arrow (AOA)
Kelebihan:
a.Pelacakan jalur dipermudah
dengan skema penomoran aktivitas/ peristiwa.
b.AOA lebih mudah digambar jika
ketergantungan cukup kuat.
c.Peristiwa kunci atau milestone dapat mudah ditandai (flag).
Kelemahan:
a. Penggunaan
aktivitas dummy meningkatkan kebutuhan data.
b.Penekanan
pada peristiwa dapat merusak beberapa aktivitas. Penundaan aktivitas
menyebabkan peristiwa dan proyek lambat.
Contoh Soal AON:
Informasi Jaringan
Jaringan AON
Perhitungan Forward Pass
Perhitungan Backward Pass
Menetukan Slack (atau float)
Critical path adalah ID=A, ID=B, ID=F, ID=G, ID=H
Contoh soal AOA:
Informasi Jaringan
Jaringan AOA
AOA Forward Pass
AOA Backward Pass
AOA dengan Slack
Critical path adalah event 1,2,4,5,6,7,8
menyebabkan peristiwa dan proyek lambat.
Contoh Soal AON:
Informasi Jaringan
Jaringan AON
Perhitungan Forward Pass
•Tambahkan
waktu
aktivitas
pada
setiap
jalur
(EF = ES + Dur).
•EF
pada
aktivitas
pendahulunya
menjadi
ES pada
aktivitas
sesudahnya.
•Aktivitas
sesudahnya yang berasal dari gabungan aktivitas (merge
activity)
dipilih
EF terbesar.
Jaringan AON Forward Pass
Perhitungan Backward Pass
•Kurangi
waktu
aktivitas
pada
setiap
jalur
(LS = LF - Dur)
•LS
pada
aktivitas
sesudahnya
menjadi
LF pada
aktivitas
pendahulunya
•Aktivitas
yang
didahulukan
adalah
aktivitas
ledakan
(bursty
activity),
sehingga
LS
terkecil
dipilih
dan
dijadikan
LF pendahulunya.
Jaringan AON Backward Pass
Menetukan Slack (atau float)
•Slack
bebas
–Jumlah waktu aktivitas dapat ditunda tanpa menunda aktivitas penerus
yang terhubung
yang terhubung
•Slack
total
–Jumlah waktu aktivitas dapat ditunda tanpa menunda seluruh proyek
•Critical
path
dapat
dilihat
dari
aktivitas
yang memiliki
nilai
slack
0
Jaringan AON dengan Slack
Critical path adalah ID=A, ID=B, ID=F, ID=G, ID=H
Contoh soal AOA:
Informasi Jaringan
Jaringan AOA
AOA Forward Pass
AOA Backward Pass
AOA dengan Slack
Critical path adalah event 1,2,4,5,6,7,8
Download contoh soal dan jawabanya disini (pdf)
6 comments:
terimakasih ya kak,
post nya sangat membantu tugas saya,
sangat terbantu .. terimakasih ya kak ..
sama2 :D
Mantap gans..
Mantap gans..
terimakasih :)
Terima kasih, Sangat membantu.
Post a Comment