Perencanaan Proyek dan Jaringan Proyek (MITI)

Jaringan Proyek 
Diagram alur grafik yang menggambarkan urutan, ketergantungan, dan juga waktu penyelesaian suatu aktivitas dengan waktu start dan finishnya, serta jalur yang terpanjang di dalam suatu network – disebut critical path. 

Terminologi Jaringan Proyek
Aktivitas (Activity)
Elemen yang memerlukan waktu

Aktivitas Gabungan (Merge Activity)

Aktivitas yang memiliki lebih dari satu aktivitas yang mendahuluinya

Aktivitas Parallel (Parallel Activity)

Aktivitas-aktivitas yang dapat terjadi pada waktu bersamaan, jika diinginkan

Aktivitas Ledakan (Burst activity)

Aktivitas yang memiliki beberapa aktivitas yang perlu dilakukan sesudah aktivitas ini selesai
Jalur (Path)

Urutan dari aktivitas-aktivitas yang tergantung satu sama lain

Jalur Kritis (Critical Path)

Jalur dengan waktu/durasi terpanjang yang melalui jaringan

Jika aktivitas pada jalur tertunda, proyek akan tertunda dengan jumlah waktu yang sama

Kejadian (Event)

Satu titik waktu yang mana suatu aktivitas dimulai dan diakhiri (tidak membutuhkan waktu).
 Pendekatan Jaringan Proyek
  • Activity on Node (AON)
 Aktivitas digambarkan di dalam node (simpul).
Kelebihan :

a.Tidak menggunakan aktivitas dummy.
b.Tidak menggunakan peristiwa.
c. AON mudah digambar jika ketergantungan tidak cukup kuat.
d. Aktivitas yang ditekankan mudah dipahami oleh manajer tingkat pertama.
e. Pendekatan CPM menggunakan waktu deterministik untuk menyusun jaringan.
Kelemahan :
a. Pelacakan jalur dengan menggunakan nomor aktivitas sulit dilakukan. 
Jika jaringan  tidak ada, output komputer harus mendaftarkan aktivitas pendahulu 
dan aktivitas pengganti untuk asing-masing aktivitas.
b. Menggambar dan memahami jaringan lebih sulit jika ada banyak ketergantungan.



  • Activity on Arrow (AOA) 
 Aktivitas digambarkan pada panah.

Kelebihan:
a.Pelacakan jalur dipermudah dengan skema penomoran aktivitas/ peristiwa.
b.AOA lebih mudah digambar jika ketergantungan cukup kuat.
c.Peristiwa kunci atau milestone dapat mudah ditandai (flag).
Kelemahan:
a. Penggunaan aktivitas dummy meningkatkan kebutuhan data.
b.Penekanan pada peristiwa dapat merusak beberapa aktivitas. Penundaan aktivitas 
menyebabkan peristiwa dan proyek lambat.

Contoh Soal AON:

Informasi Jaringan










 



Jaringan AON

















 




Perhitungan Forward Pass


Tambahkan waktu aktivitas pada setiap jalur (EF = ES + Dur).

EF pada aktivitas pendahulunya menjadi ES pada aktivitas sesudahnya.

Aktivitas sesudahnya yang berasal dari gabungan aktivitas (merge activity) dipilih
EF terbesar.
Jaringan AON Forward Pass

 











Perhitungan Backward Pass


Kurangi waktu aktivitas pada setiap jalur (LS = LF - Dur)

LS pada aktivitas sesudahnya menjadi LF pada aktivitas pendahulunya

Aktivitas yang didahulukan adalah aktivitas ledakan (bursty activity), sehingga LS
 terkecil dipilih dan dijadikan LF pendahulunya.


Jaringan AON Backward Pass






















Menetukan Slack (atau float)



Slack bebas

Jumlah waktu aktivitas dapat ditunda tanpa menunda aktivitas penerus 
yang terhubung

Slack total

Jumlah waktu aktivitas dapat ditunda tanpa menunda seluruh proyek

Critical path dapat dilihat dari aktivitas yang memiliki nilai slack 0

Jaringan AON dengan Slack

 














 Critical path adalah ID=A, ID=B, ID=F, ID=G, ID=H



Contoh soal AOA:
Informasi Jaringan











 



Jaringan AOA











 


AOA Forward Pass














 

AOA Backward Pass



















AOA dengan Slack





















Critical path adalah event 1,2,4,5,6,7,8




Download contoh soal dan jawabanya disini (pdf)

6 comments:

Unknown said...

terimakasih ya kak,
post nya sangat membantu tugas saya,
sangat terbantu .. terimakasih ya kak ..

teknikinformatika said...

sama2 :D

Unknown said...

Mantap gans..

Unknown said...

Mantap gans..

Unknown said...

terimakasih :)

Dalih Rusmana said...

Terima kasih, Sangat membantu.

Post a Comment